E-COMMERCE
Pengertian E – Commerce
e commerce atau sering disebut juga belanja online adalah proses pembelian dan
penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan
jaringan komputer.
Yang dimaksud dengan e-commerce adalah suatu proses penjualan dan pembelian
produk maupun jasa yang dilakukan secara elektronik yaitu melalui jaringan komputer atau
internet. Arti lain dari e-commerce yaitu penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
pengolahan digital dalam melakukan transaksi bisnis untuk menciptakan, mengubah dan
mendefenisikan kembali hubungan yang baru antara penjual dan pembeli.
Sejak internet semakin mudah untuk diakses oleh siapa saja, semakin marak pula
online shop yang beredar di dunia maya. Ada yang menjual tas, sepatu, baju,gadget,dan lain
sebagainya. Online shop memang sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak yaitu
penjual dan pembeli. Bagi penjual, berjualan lewat online shop dapat menekan biaya promosi
dan tidak membutuhkan banyak modal. Sedangkan bagi pembeli, online shop memberikan
cara belanja baru yang mudah dan tidak melelahkan karena cukup mengikuti prosedur
pembelian secara online.
Di balik maraknya online shop yang beredar, alangkah baiknya kalau kita sedikit
berhati-hati dengan adanya online shop abal-abal. Online shop abal-abal adalah online shop
yang tidak memberikan layanan optimal kepada konsumen. Online shop ini tidak dikelola
secara professional sehingga hanya merugikan konsumen. Misalnya menarik perhatian
konsumen sebanyak-banyaknya lalu membuat mereka mengirim uang tanpa mengirimkan barang yang dibeli. Ada pula online shop yang mengirim barang pada pembeli dengan
spesifikasi yang berbeda dengan informasi yang ditampilkan di website.
Memasuki era globalisasi para pengusaha perlu mempertimbangkan pemanfaatan
teknologi komputer dan telekomunikasi seperti Internet untuk melakukan kegiatan bisnis
dengan jangkauan pasar yang luas.
Dengan teknologi itu, para pengusaha dapat membangun unit-unit bisnis secara
elektronik, artinya tidak membutuhkan tempat secara fisikSitus-situs di internet merupakan
tempat usaha yang dibuka di internet oleh para pengusaha.
Melalui situs-situs tersebut, dapat dilakukan kegiatan-kegiatan bisnis seperti promosi,
penjelasan produk, hingga transaksi. sebagian kesulitan pengusaha seperti perolehan kapling,
tenaga kerja, gudang, perijinan, dan keamanan, dapat teratasi.
Bahkan dengan situs, jangkauan konsumen dapat menjadi lebih luas karena situs
dapat diakses dari berbagai belahan dunia. Bagi pengusaha hal ini sangat menguntungkan
karena pengusaha bisa memperpendek jarak,memperluas pasar dan menambah mitra kerja
dan juga cara ini sangat efesien karena di lakukan proses secara elektronik
Tidak hanya untuk pengusaha saja bagi konsumen juga sangat menguntungkan karena
sangat Efektif ,Biaya terkendali,Aman secara fisik, Harga murah, Fleksibel. Konsumen dapat
memperoleh informasi dan bertransaksi setiap saat dengan akurat, cepat dan murah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar